Blog yang membahas tentang masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh bumi tercinta kita, mulai dari pemanasan global sampai panasnya negara-negara akibat krisis global he..he.. Selain itu blog ini juga menyediakan beberapa solusi yang mudah untuk kita lakukan. Nah, sebagai generasi muda yang merupakan calon-calon penerus dari keberlanjutan bumi dan negara ini maka kita harus "care" dengan keadaan bumi sekarang ini. Ayoo..smangad untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah lagiii!!!

Rabu, 16 Desember 2009

Bijaksanalah dalam Penggunaan Barang-Barang Elektronik

    Kita sering tidak sadar dalam menggunakan teknologi seperti laptop, AC, kipas angin, setrika dll. Padahal hal tersebut dapat mempengaruhi lingkungan kita loh! Karena sebagian besar energi, terutama listrik akan terbuang sia-sia kalau kita sering boros dalam memakai alat-alat elektronik. Makanya ayo kita sama-sama menghemat energi dengan mengubah sikap dan cara pakai kita. Ini dia cara-cara yang bisa kita lakukan, mudah ko :
  • AC Atur ke fitur night set back atau economy mode pas kamu tidur. Atur juga fan operation mode pada setting auto, dan pastikan instalasi AC dalam posisi baik. Karena, kesalahan instalasi bisa bikin kerja AC jadi nggak maksimak hingga memboroskan energi.
  • Setrika atur panasnya sesuai dengan bahan yang akan disetrika. Bersihkan bagian bawah setrika dari kerak-kerak karena hal itu dapat menghambat panas setrika. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan setrika setiap selesai menggunakannya ataupun hanya meninggalkannya sebentar saja.
  • Lampu Biasakan untuk switch-off apabila kita tidak menggunakannya dan saat tidur. Untuk pemakaian bohlamnya, gantilah dengan bohlam yang hemat energi. Pada waktu siang hari manfaatkannlah cahaya matahari untuk menerangi ruangan. Selain hemat energi cahaya matahari juga sangat bagus untuk sirkulasi di rumah kita serta kesehatan kita sendiri. Jadi, kita bisa dapat dua keuntungan sekaligus deh..
  • Kulkas Jangan terlalu sering membuka tutup pintu kulkas, karena kalau udara dingin keluar maka kompresornya harus bekerja lebih keras dan lebih memakan energi. Jangan penuhi kulkas apalagi dengan bahan makanan yang sudah tidak terpakai lagi serta atur suhu sesuai dengan kebutuhan.
  • TV & Radio Jangan males dan selalu biasakan untuk mematikan TV, radio, tape recorder, dll apabila sudah tidak digunakan lagi. Jangan biarkan TV dan radio kita “bercuap-cuap” sendirian tanpa ada yang menonton atau mendengarkan. Selain itu, gunakanlah dengan bijak dan seperlunya saja, jangan sampai TV kamu dibiarkan On hanya untuk menemani kamu tidur sehingga TV kamu nyala hampir 24 jam nonstop. Wah sayang sekali kan???
  • Kipas Angin Bila kipas anginmu dilengkapi dengan self timer maka aturlah sesuai dengan kebutuhan mu. Atur juga kecepatan kipasnya, jangan diset dengan kecepatan yang maksimal, soalnya semakin cepat baling-baling kipas berputar maka semakin banyak pula memakan energi.
  • Mesin Cuci Pakailah mesin cuci yang hemat air. Apalagi sekarang semakin canggih teknologi makin banyak juga bermunculan mesin-mesin cuci yang ramah lingkungan. Apabila diluar matahari sangat terik maka lebih baik baju-baju kamu yang habis dicuci di mesin cuci lebih baik dijemur saja daripada menggunakan mesin pengering dari mesin cuci. Karena energi paling banyak terbuang saat proses pengeringan tersebut.
  • Rice Cooker Setiap akan menanak, masaklah nasi secukupnya sesuai dengan kebutuhan, serta hindari penggunaan penghangat nasi terlalu lama. Apabila nasi dirasa sudah hangat maka segera matikan listriknya agar energinya tidak terbuang percuma.
  • Air Salah satu SDA yang sudah cukup kritis keberadaannya di seluruh dunia. Penggunaan air dengan hemat dan bijak dapat mencegah semakin parahnya krisis air bersih. Gunakanlah pancuran (shower) untuk mandi, karena volume air yang keluar dari pancuran lebih sedikit daripada kita menggunakan gayung. Biasakan matikan kran air apabila kita sedang sabunan, sampoan, atau sikat gigi. Bagi para remaja cewek yang senang berendam di bath tub sekarang kurangi kebiasaan tersebut karena bayangkan saja berpa liter air yang kita buang percuma hanya untuk sekali pakai saja.


PC atau laptop di zaman sekarang seperti sudah menjadi kebutuhan utama bagi hampir seluruh warga terutama yang tinggal di kota-kota besar. Padahal dari jumlah energi yang dikeluarkan dari PC dan laptop itu tidak sedikit loh!! Apalagi sekarang hampir di setiap pojokan kota-kota besar terdapat tempat-tempat rental komputer. Coba kita bayangkan satu tempat rental komputer aja bisa menghabiskan berjuta-juta energi apalagi terdapat puluhan bahkan hampir ribuan jumlahnya di selurh Indonesia plus ditambah lagi PC-PC yang berada di kantor-kantor yang jumlahnya juga puluhan. Wuih!! Gak kebayang berapa dahsyatnya volume energi yang dikeluarkan per harinya.
Selain itu, semakin canggih dan banyak pilihan serta semakin terjangkaunya harga laptop, maka hampir seluruh warga ibukota memiliki laptop pribadi. Sekarang ini, hampir di setiap pojok-pojok kafe yang mnyediakan internet gratis terdapat orang-orang yang asik dengan kesibukan masing-masing di depan laptop. Sehingga bisa kita bayangakan berapa besar energi yang telah keluar dari setiap kafe hanya di satu ibu kota saja. Padahal satu kota besar itu biasanya terdapat ratusan kafe yang menyediakan fasilitas internet gratis dengan jumlah pelanggan yang sangat banyak setiap harinya. Fiuuhhh!! Semakin gak bisa dibayangin pantes aja bumi kita ini seolah-olah menjerit kesakitan.
Namun, berikut ini terdapat beberapa tips hemat energi yang dapat kita lakukan sehari-hari dalam menggunakan PC dan laptop.
·        Atur pencahaayaan dan kontras monitor dengan memakai tombol yang biasanya ada dibawah atau disamping monitor.
·        Set mode hibernate komputer kamu. Mode ini merupakan fasilitas untuk melakukan shut down tanpa perlu menutup atau mematiikan aplikasi yang sedang kita pakai.
·        Kalau kita mau niinggalin PC sementara, jangan lupa untuk aktifkan mode standby sehingga dengan begini dapat mengurangi energi yang keluar dari PC.
·        Waktu kita men-charge baterai laptop, pastikan prosesnya sampai selesai tau baterai terisi penuh. Soalnya proses charge yang setengah-setengah justru akan menghabiskan banyak energi.
·        Setiap selesai menggunakan port USB dari laptop atau PC sebaiknya langsung dilepas, karena ternyata peralatan yanga masih nancap di port USB juga bisa menghabiskan tenaga pada PC atau laptop.
·        Dan yang paling penting dan paling sering juga kita abaikan adalah jangan lupa untuk selalu memantikan PC atau laptop kita apabila kita tidur yaaa…kasian kan mereka juga mau istirahat kaya kita...he..he..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar