Blog yang membahas tentang masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh bumi tercinta kita, mulai dari pemanasan global sampai panasnya negara-negara akibat krisis global he..he.. Selain itu blog ini juga menyediakan beberapa solusi yang mudah untuk kita lakukan. Nah, sebagai generasi muda yang merupakan calon-calon penerus dari keberlanjutan bumi dan negara ini maka kita harus "care" dengan keadaan bumi sekarang ini. Ayoo..smangad untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah lagiii!!!

Rabu, 16 Desember 2009

Green-Homes...


Isu tentang pemanasan global atau yang lebih familiar dengan global warming semakin menyeruak diantara masyarakat hampir di seluruh belahan dunia. Fakta nyata semakin tingginya suhu bumi tercinta ini menjadi penggerak warga dunia untuk melakukan beberapa tindakan-tindakan nyata yang dapat menyembuhkan demam tinggi bumi ini. Keadaan ini semakin diperparah dengan kenyataan bahwa telah mencairnya hampir separuh dari es yang ada di kutub-kutub bumi ini. Seperti yang telah di bahas di artikel sebelumnya bahwa polusi yang terjadi di bumi kita ini semakin hari semakin parah.
Keadaan yang semakin hari semakin parah ini menggerakkan hati para seleb-seleb terkenal terutama seleb-seleb Hollywood yang mayoritas berkantung tebal ini. Berbagai cara dapat mereka lakukan dengan mudah untuk dapat berpartisipasi menyelamatkan bumi ini. Salah satunya mereka berlomba-lomba mendirikan hunian yang ramah lingkungan atau “green-home”. Green-home merupakan rumah yang sehat buat penghuninya dan lingkungan. Kalau rumah-rumah biasa boros dalam mengkonsumsi sumber-sumber alam, green-home justru hemat energi. Dalam pembangunannya menggunakan sumber material yang bertanggung jawab, minim sampah dan irit biaya rumah tangga.


Seperti pemeran dari serial Entourage yaitu Adrien Grenier, sengaja memasang penyekat rumahnya dari bahan reycled denim (jeans daur ulang). Sedangkan Alanis Morissette memiliki kolam renang yang hanya dipanaskan dengan energi solar. Selanjutnya, Cate Blanchett dan Julia Roberts lebih serius lagi, mereka mengganti sistim listrik di rumah mereka dengan energi solar. Bahkan lantai kamar mandi julia terbuat dari bahan recycle. Wah! Hebat sekali ya para seleb Holly wood tersebut.
Selain para seleb Hollywod, mantan Wapres Amerika, Al Gore juga merenovasi rumahnya di Tennessee dengan memasang sistem geothermal dan menggunakan pengumpulan air hujan untuk proses pengairan rumah. Ia juga merobak genteng atapnya untuk dipasangi solar panel. Kalau presenter beken Jay Leno mempunyai misi ganda saat memasang solar panel diseluruh atap garasi rumahnya. Selain untuk mengurangi penggunaan listrik, Jay juga pengen bikin penggunaan solar panel jadi lebih masal sehingga harganya dapat terjangkau.
Ada yang berbeda dengan grenn-gome milik aktor Val Kilmer, ia memulai proyek eco-villagenya dengan membangun rumah pohon yang dibuat dari kayu-kayu bekas. Nantinya, eco-villagenya Val akan dilengkapi dengan pekarangan untuk menanam berbagai tanaman organik. Wabah green-home ini berhasil membuat seorang Paris Hilton sibuk membangun rumah yang eco-friendly. Paris langsung mengganti seluruh bohlam lampu di istananya dengan bohlam yang hemat energi. Aktris Helle Berry juga sudah memastikan bahwa bayinya akan peduli dengan lingkungan salah satu cara yaitu dengan menggunakan popok organik.
Melihat betapa mahalnya biaya yang harus dikeluarkan apabila kita meniru secara persis apa yang mereka lakukan untuk lingkungan ini. Maka ada beberapa cara mudah yang dapat kita lakuka di rumah yaitu :
·        Ganti bohlam biasa ke CFLs (Compact Florescent Lighbulbs) yang 75 % lebih efisien.
·        Pakailah pembersih rumah yang bebas racun dan tidak mengandung aerosol.
·        Bikin komitmen sekeluarga untuk Cuma pakai satu gelas sehari. Selain hemat air, limbah air sabun juga ikut berkurang.
·        Jangan bosan-bosan untuk mematikan semua lampu dan barang-barang elektronik yang udah nggak dipakai.
·        Tanamlah pohon lebih banyak  pohon dipekarangan.

Dengan melakukan hal-hal yang kecil dan sederhana tersebut juga dapat berpengaruh besar untuk kesembuhan bumi tercinta kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar