Blog yang membahas tentang masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh bumi tercinta kita, mulai dari pemanasan global sampai panasnya negara-negara akibat krisis global he..he.. Selain itu blog ini juga menyediakan beberapa solusi yang mudah untuk kita lakukan. Nah, sebagai generasi muda yang merupakan calon-calon penerus dari keberlanjutan bumi dan negara ini maka kita harus "care" dengan keadaan bumi sekarang ini. Ayoo..smangad untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah lagiii!!!

Senin, 14 Desember 2009

DASYATNYA KRISIS GLOBAL...





  • Kredit Macet (Subprime Mortgage)

Krisis global ini bermula sekitar tahun 2007 di Amerika Serikat saat bank pemberi kredit rumah memberikan kredit rumah kepada individu-individu. Tetapi kurang dari 2 tahun telah terjadi kegagalan dalam pembayaran yang menyebabkan terjadinya kredit macet (subprime motrgage). Karena melibatkan bank investasi (bank yang menanamkan modalnya di bank pemeberi kredit) serta dalam skala yang besar, hal ini berdampak pada tidak adanya uang tunai yang mengalir. Akhirnya bank-bank investasi seperti Merryl Lynch, Lehman Brothers atau Bear Stern menjadi bangkrut dalam waktu yang singkat. Runtuhnya Lehman Brother yang merupakan bank besar dan sudah berumur 158 tahun memberi dampak anjloknya saham diseluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri, para investor di pasar bursa Wall Street mengalami kerugian yang paling buruk sejak peristiwa serangan gedung WTC 11 September 2001.
Pemerintah Amerika Serikat sendiri dalam menangani krisis di negerinya dengan mengambil alih perekonomiannya dengan mengeluarkan dana talangan sebesar US$ 700 milyar (sekitar 7000 triliun rupiah!!!). Dana tersebut digunakan untuk membantu lebih dari 30 perusahaan penting yang ambruk.

  • Efek Global

Dampak dari krisis di Amerika dirasakan hampir ke seluruh negara di dunia. Hal ini dikarenakan hingga saat ini AS merupakan poros perekonomian dunia dan dollar masih dianggap alat pembayaran yang paling global. Negara-negara yang perekonomiannya tergantung pada AS sebagai tujuan ekspor utama akan merasakan imbasnya. Misalnya Jepang yang kekuatan ekonominya terkuat kedua di dunia pun merasakan anjloknya harga saham. Perusahaan-perusahaan terbesar seperti Toyota Corp dan Sony Corp berencana untuk memangkas produksi dam jumlah karyawannya akibat berkurangnya nilai ekspor. Sedangkan untuk China dapat merasa lebih aman karena mempunyai cadangan devisa yang sangat besar. Untuk Indonesia sendiri krisis ekonomi AS tidak mempengaruhi perekonomian Indonesia secara signifikan karena keadaan perbankan dan ekonomi makro Indonesia saat itu masih cukup kuat.

  • Apa ya yang dapat kita lakukan???

Walaupun krisis global telah lama terjadi dan Amerika sendiri dengan perlahan tapi pasti dapat mengatasinya, krisis global tersebut mungkin saja dapat terulang kembali di masa yang akan datang. Karena menurut beberapa sumber krisis global seperti ini pernah juga terjadi. Maka dari itu sebagai warga negara yang baik, kita juga berperan untuk menjaga kestabilan perekonomian negara Indonesia walaupun bisa dibilang berperan kecil tapi bukan tidak bermakna. Hal yang mudah dan nyata yang dapat kita lakukan yaitu dengan membeli barang-barang buatan dalam negeri. Karena dengan membeli produk domestik maka, peputaran uang dalam negeri akan berjalan bagus dan kencang sehingga perekonomian Indonesia tidak gampang ambruk apabila krisis terjadi lagi.
Ayoo..kita melangkah bersama-sama untuk kemajuan dan kemakmuran negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar